Cara Menaikkan Battery Health iPhone Dijamin Berhasil

Bagi para pengguna ponsel iPhone, tentu sering mengenal istilah battery health atau kesehatan baterai yang menjadi salah satu fitur  terpenting iPhone untuk memantau kesehatan komponen baterai yakni kapasitas maksimum dan kemampuan kinerja puncak. Kendati demikian, ada kalanya jika kondisi baterai iPhone mengalami penurunan akibat beberapa faktor penyebab tertentu. Dalam hal ini, tahukah Anda bagaimana cara menaikkan battery health iPhone itu sendiri? Jika Anda penasaran dan ingin tahu informasi selengkapnya, simak artikel di bawah ini.

Apakah Battery Health Bisa Naik?

Banyak sekali pengguna iPhone yang menanyakan apakah battery health iPhone bisa dinaikkan? Menjawab mengenai pertanyaan menaikkan battery health sendiri umumnya merupakan hal yang sulit bahkan kita nilai hampir mustahil untuk dilakukan terkecuali dengan mengganti komponen baterai dengan yang baru. Umumnya, kondisi penurunan kesehatan baterai iPhone sendiri terjadi karena faktor jumlah pengisian daya yang sudah cukup banyak serta panas berlebih pada komponen baterai itu sendiri.

Meski demikian, setiap pengguna bisa mencoba untuk melakukan kalibrasi ulang pada ponsel iPhone dengan cara melakukan beberapa tips dan trik ampuh yang sudah orang – orang lakukan dalam menaikkan battery health iPhone. Adapun jika cara ini nantinya berhasil Anda lakukan, maka yang perlu Anda ingat adalah bahwa tips menaikkan kesehatan baterai ini sendiri bukan karena unsur kimia pada baterai yang berubah, akan tetapi lebih kepada laporan yang diberikan oleh sistem. Baik itu karena laporan yang sebelumnya ternilai tidak akurat, terjadi bug dan lain sebagainya.

Cara Menaikkan Battery Health iPhone

Meskipun ponsel iPhone memiliki begitu banyak penggemar di kalangan masyarakat Indonesia, akan tetapi siapa sangka jika ponsel ini juga terkadang sering terjadi permasalahan yang mana kerap dikeluhkan pengguna. Apalagi kalah bukan mengenai penurunan kapasitas baterai secara signifikan setelah pemakaian berbulan – bulan. Karena kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan baterai lebih cepat habis dan harus sering kita isi dayanya.

Jika hal ini Anda biarkan secara terus menerus, tentu saja akan sangat menyulitkan bagi para pengguna dan bahkan bisa mengakibatkan boros listrik karena terlalu seringnya dalam mengisi daya ponsel, bukan? Oleh sebab itulah, disini ada beberapa tips dan trik cara menaikkan kondisi battery health pada iPhone yang bisa Anda coba praktikkan sendiri di rumah seperti berikut.

Cara Menaikkan Battery Health iPhone
image credit: support.apple.com
  • Gunakan fitur kalibrasi baterai otomatis

Tips pertama yang bisa digunakan dalam menaikkan battery health iPhone yakni dengan memanfaatkan fitur kalibrasi baterai khusus secara otomatis di iOS 14.5 atau di ponsel iPhone 11 series. Tujuan dari fitur kalibrasi baterai ini yakni untuk mengecek dan mengatur ulang kapasitas baterai maksimum agar lebih akurat. Untuk proses kalibrasinya sendiri tergolong otomatis lantaran ponsel tersebut sudah terintegrasi secara langsung dengan sistem. Adapun selama proses kalibrasi berjalan, pengguna bisa melihat notifikasi di menu Pengaturan – Baterai – Kesehatan Baterai.

  • Melakukan kalibrasi baterai secara manual

Jika ponsel iPhone tidak dapat melakukan kalibrasi baterai secara otomatis, maka bisa melakukan kalibrasi secara manual. Sebelum melakukan kalibrasi baterai secara manual ini, pastikan pengguna sedang tidak menggunakan ponsel iPhone. Sebab, proses kalibrasi ini nantinya akan membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan tugasnya. Cara kalibrasi baterai secara manual bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Habiskan daya baterai ponsel hingga benar – benar mati total.
  • Tunggu kurang lebih 3 jam.
  • Isi daya baterai hingga mencapai 100% dan tunggu sekitar 2 jam sebelum Anda cabut.
  • Ulangi kembali proses ini dari awal hingga akhir.
  • Nonaktifkan beberapa fitur saat tidak Anda pakai.

Hadirnya ponsel iPhone yang memiliki banyak penggemar tentu saja tidak tanpa alasan karena banyaknya fitur keren yang memberikan kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa kehadiran fitur ini ternyata juga bisa menjadi pemicu baterai lebih boros. Oleh karena itu dalam menerapkan cara menaikkan battery health iPhone, Anda perlu menonaktifkan / mematikan beberapa fitur yang memang Anda nilai dapat mengoptimalkan kapasitas baterai. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya hindari menyalakan brightness terlalu tinggi agar tidak memakan daya baterai.

  • Aktifkan fitur low power mode

Apabila pengguna iPhone tidak ingin mematikan beberapa fitur secara manual, maka sebagai gantinya bisa memanfaatkan fitur low power mode yang memang secara khusus bisa menghemat masa pakai baterai iPhone. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda cukup membuka menu Pengaturan – Baterai. Secara umum, fitur ini bisa kita nilai dapat mempengaruhi beberapa fitur seperti unduh otomatis, menyalakan kunci otomatis 30 detik dan lain sebagainya. Ketika fitur ini kita nyalakan, maka aka nada indikator lampu baterai berwarna kuning. Adapun setelah pengisian daya hingga lebih dari 80%, maka mode ini akan mati secara otomatis.

Anda juga bisa baca: Kelebihan dari Low Power Mode iPhone

  • Aktifkan optimasi pengisian daya baterai

Cara mudah menaikkan battery health iPhone selanjutnya yakni dengan mengaktifkan optimasi pengisian daya baterai. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk kepentingan perpanjangan usia baterai ponsel. Adapun cara kerja dari fitur ini yakni menggunakan machine learning yang mana sistem akan mempelajari kebiasaan pengisian daya iPhone. Akibat dari pengguna sering kali melakukan pengisian baterai semalaman penuh, maka algoritma iPhone inilah yang akan menunda dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk baterai terisi penuh.

Cara Membuat Battery Health iPhone 100

Cara Menaikkan Battery Health iPhone
image credit: support.apple.com

Setelah mengetahui cara menaikkan kondisi kesehatan baterai ponsel iPhone di atas, Anda juga penting untuk tahu mengenai tips membuat battery health iPhone awet di angka 100%. Untuk tips dan triknya bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

  • Lakukan pengisian daya baterai iPhone sampai sekitar 80% saja

Banyak penelitian mengatakan, bahwa melakukan pengisian daya maksimal hanya sampai 80% saja dapat memperlambat penurunan kesehatan baterai pada ponsel. Sehingga jika iPhone tidak benar – benar Anda perlukan, maka Anda bisa mengisi daya hingga 80% saja untuk menekan penurunan kesehatan baterai ponsel.

  • Jangan membiarkan baterai kosong

Tips yang penting untuk Anda ketahui yakni jangan pernah membiarkan baterai iPhone berada di bahwa 20% atau kosong sama sekali. Umumnya, persentase yang baik untuk melakukan pengisian daya baterai iPhone yakni jika baterai sudah menunjukkan angka di kisaran 25%.

  • Hindari masalah overheating berlebihan

Sangat kami sarankan bagi Anda untuk menghindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika suhu iPhone sudah terasa cukup panas. Sebab, kondisi overheating secara berlebihan ini nantinya justru akan mempercepat masalah penurunan kesehatan pada baterai iPhone itu sendiri.

Anda bisa baca: Cara yang Benar Mengatasi iPhone Cepat Panas

  • Jangan pernah bermain ponsel sambil di-charge

Banyak pengguna yang terkadang sering bermain ponsel ketika dalam keadaan ponsel di-charge. Padahal, hal ini justru sangat ingin kita hindari lantaran dapat menguras kinerja dari iPhone. Sehingga, hal inilah yang akan menyebabkan panas pada baterai akan semakin meningkat. Demikianlah ulasan penting yang perlu Anda ketahui mengenai beberapa tips dan trik cara menaikkan battery health iPhone agar kinerja ponsel tetap berjalan baik.

Baca juga: Rekomendasi Powerbank Untuk iPhone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.