Cara yang Benar Mengatasi iPhone Cepat Panas

Cara yang Benar Mengatasi iPhone Cepat Panas – Salah satu masalah paling umum yang biasa kita jumpai pada pengguna iPhone adalah iPhone yang terlalu atau mudah panas. Terkadang iPhone yang kita miliki terasa sedikit lebih hangat dari normal suhunya sebuah iPhone, dan terkadang bagian belakang iPhone terasa sangat panas hingga terasa seperti akan membakar tangan Anda. Maka dari itu jika Anda memiliki iPhone, iPod, atau iPad yang panas, itu berarti terdapat suatu masalah.

Bahkan setelah pembaruan iOS 13(versi teranyar disaat artikel ini ditulis), ada banyak tanggapan dari beberapa pengguna tentang masalah iPhone yang terlalu panas.

iPhone Anda terlalu panas setelah update iOS 13 bukanlah hal yang kita inginkan semua. Anda tentunya tidak ingin melihat tulisan-tulisan peringatan seperti ‘Flash is disabled. The iPhone needs to cool down …’, atau ‘iPhone needs to cool down before you can use it’. Silakan baca terus artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi mengenai cara mencegah dan mengatasi kondidi iPhone yang terlalu panas.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian iPhone yang Paling Mudah

Mengapa iPhone bisa Cepat Panas atau Overheating?

Terdapat perbedaan antara iPhone yang memang panas ketika digenggam dan iPhone yang hangat. Sebenarnya, ada banyak faktor yang menjadi penyebab iPhone Anda terkadang terasa hangat. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • Menggunakan iPhone dan mengecas secara bersamaan.
  • Menonton video kualitas full HD atau 4K untuk waktu yang lama.
  • Menggunakan GPS Anda secara terus menerus dalam waktu yang lama
  • Bermain game atau streaming aplikasi pemutar video.

iPhone yang hangat merupakan salah satu kondisi normal dari iPhone itu sendiri. Jika iPhone anda hangat dan mulai menuju hingga kondisi panas, biarkan dingin terlebih dahulu sebelum melanjutkan untuk menggunakannya.

Jika iPhone Anda sudah terasa panas yang tidak wajar, segera hentikan penggunaannya. Matikan sepenuhnya. Anda harus memberikan waktu iPhone Anda untuk mendinginkan suhunya dan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Jangan letakkan iPhone Anda langsung di suhu dingin seperti di kulkas karena hal ini dapat menyebabkan kondensasi terbentuk di bagian dalam ponsel Anda, menyebabkan kerusakan internal.

Jika terasa sudah normal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mencegah dan mengatasi iPhone cepat panas.

Baca juga: Cara Membersihkan Ram iPhone agar Tidak Lemot

Langkah-langkah Mengatasi iPhone Cepat Panas

  • Jika Anda memakaikan casing yang tebal pada iPhone anda, pastikan casing tersebut bukan penyebab dari suhu panas. Untuk mengetahuinya, lepaskan casing dari iPhone Anda dan uji dengan menggunakan iPhone tanpa casing sekitar satu hari.
  • Periksa apakah terdapat aplikasi yang error atau crash. Aplikasi tertentu yang crash yang sedang berjalan di background iPhone Anda dapat menyebabkan ponsel Anda terlalu panas. Untuk memeriksa, buka Settings > Privacy > Analytics & Improvements > Analytics Data.
  • Lihat aplikasi yang sering crash? Hapus aplikasi tersebut dan coba aplikasi yang lain. Atau, hapus aplikasi dan coba pasang lagi.
iPhone Cepat Panas
  • Perbarui atau update aplikasi iPhone Anda yang perlu diperbarui. Ada beberapa aplikasi yang terkadang tidak diperbarui secara otomatis walaupun kita sudah menghidupkan opsi Automatic Updates. Aplikasi usang dengan bug dapat menguras daya iPhone Anda dan ini yang menyebabkan panas berlebih.
  • Periksa aplikasi apa yang menguras daya baterai iPhone Anda dan menguras kinerja CPU iPhone Anda. Buka menu Settings > Battery, lalu periksa daftar aplikasinya. Apakah ada aplikasi yang menggunakan banyak baterai Anda atau menghabiskannya dengan cepat? Jika ada, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghapus atau menggantinya.
  • Pastikan iPhone yang Anda miliki telah diperbarui dengan menginstal iOS terbaru. iPhone yang sudah lama tidak diperbarui dapat menyebabkan CPU kelebihan beban, yang mengakibatkan iPhone panas berlebih. Sangat penting untuk menjaga iPhone Anda tetap up-to-date setiap kali ada pemberitahuan untuk rilisan iOS terbaru.
  • Periksa sinyal jaringan iPhone Anda. Dalam beberapa kasus, sinyal jaringan yang buruk juga dapat menyebabkan iPhone Anda panas karena kinerja iPhone akan terus mencari sinyal agar koneksi jaringan stabil. Biasanya ini terjadi karena Anda berada di area dengan sinyal jaringan yang buruk atau saat tidak menemukan koneksi Wi-Fi.
  • Anda bisa mencoba ubah brightness atau tingkat kecerahan layar iPhone Anda. Terkadang, tingkat kecerahan yang terlalu terang dapat menyebabkannya iPhone menjadi terlalu panas saat digunakan. Anda bisa atur tingkat kecerahan dengan mengakses Control Center(slide kebawah di kanan atas layar iPhone) dan turunkan penggeser kecerahan untuk mengurangi tingkat keterangannya.
  • Coba Nonaktifkan background app refresh.Background App Refresh adalah sebuah fitur dari iPhone yang memungkinkan aplikasi untuk terus memperbarui berbagai informasi saat berjalan di background. Saat semua aplikasi Anda disegarkan bersama, itu dapat menguras CPU iPhone Anda. Untuk menonaktifkannya, buka menu Settings > General > Background App Refresh > Background App Refresh, lalu ketuk tombolnya untuk menonaktifkan.

Demikian tips menangani iPhone cepat panas, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Baterai Apple Watch Boros

Bagikan:

Leave a Comment

eighteen − one =