Cara Mengecek Keaslian iPhone yang Paling Mudah

Mengetahui cara mengecek keaslian iPhone sangatlah kita butuhkan jika kita tidak membeli iPhone tersebut di Apple Store atau distributor resmi-nya. Namun Anda tidak perlu khawatir jika pembelian iPhone Anda melalui toko online atau toko gerai ritel yang belum Anda kenali reputasinya karena pada artikel ini kami akan membeberkan bagaimana cara mengecek keorisinilan dari iPhone itu sendiri. Anda perlu memastikan bahwa iPhone Anda benar-benar asli dan bukan iPhone palsu atau kw.

Meskipun iPhone kw hampir berhasil mendapatkan desan yang hampir sama persis dengan iPhone original, tetap para pembuat iPhone kw ini tidak dapat mengungguli iPhone original dalam hal fungsionalitas, kinerja, sistem operasi, dll. Itu sebabnya Anda dapat mendeteksi iPhone kw dari produk Apple asli dengan melakukan pemeriksaan yang akan kita bahas di bawah ini.

Baca juga: Cara Melihat Semua Lokasi Yang Pernah Dikunjungi iPhone

Cara Mengecek Keaslian iPhone dengan Mengetahui Garansi dari Apple

Cara Mengecek Keaslian iPhone

Pada umumnya Apple memberikan garansi selama 1 tahun untuk semua perangkatnya yang dibeli baik di toko atau distributor resmi Apple. Untuk memeriksa apakah perangkat Anda memiliki garansi atau tidak, Anda perlu mengetahui nomor serinya.

Untuk mengetahui nomor seri iPhone Anda, Silakan buka menu Settings-> General-> About. Pada layar About, Anda akan melihat Nomor Seri untuk iPhone Anda. Nomor tersebut juga terdapat pada kotak iPhone Anda. Catat nomor tersebut dan buka alamat situs Periksa Perlindungan Apple. Kemudian, masukkan nomor seri Anda pada kotak yang disediakan dan masukan kode captcha yang tertera lalu klik tombol Lanjutkan. Jika iPhone Anda terbukti original, layar Anda akan menampilkan informasi seperti model iPhone, masa garansi dan informasi penting lainnya.

Sayangnya, jika iPhone Anda KW, maka terdapat informasi di atas yang tidak tampil. Atau masa garansi Anda akan berakhir.

Baca juga: Cara Unlock iPhone tanpa Password atau Passcode dengan Aplikasi ini

Cek Model Number iPhone untuk Menentukan Keasliannya

Tidak sedikit penjual “nakal” yang menjual iPhone rekondisi dengan harga lebih rendah dengan mengklaim bahwa itu adalah iPhone baru. Namun, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah iPhone adalah rekondisi atau baru dari nomor modelnya. Buka kembali menu Settings-> General-> About. Nomor model akan terlihat seperti “MT9E2ZP/A”. Huruf pertama pada nomor model ini menunjukkan kondisi dari iPhone yang Anda miliki:

M – Perangkat yang Anda miliki adalah iPhone baru.
F – iPhone Rekondisi
R – Perangkat iPhone yang telah diganti karena masalah teknis dan iPhone yang Anda genggam saat ini perangkat pengganti yang baru
P – iPhone dengan rancangan yang dipersonalisasi

Jika nomor model iPhone Anda tidak diawali dengan huruf di yang sudah kami sebutkan di atas, besar kemungkinan itu adalah iPhone kw atau replika. Saat membeli iPhone baru dari penjual tidak resmi, periksa dan pastikan nomor model dimulai dengan M sebelum melakukan pembelian.

Cek Label pada Box atau Kotak iPhone

Salah satu tips yang tidak kalah pentingnya dalam membeli iPhone baru atau bekas, jangan lupa sisihkan waktu sebentar untuk melihat informasi yang tercetak di bagian belakang kotak.

Bagian belakang kotak iPhone memuat semua informasi yang terkait dengan iPhone seperti nomor model, nomor seri, IMEI, dsb. Anda bisa mencocokkan nomor-nomor yang tertera dan harus sama persis dengan nomor yang ditampilkan di menu Settings->General->About. Sebagai tambahan, iPhone yang original akan memiliki tulisan “Designed by Apple in California Assembled in China” di bagian belakang kotak:

Satu lagi, setiap kotak iPhone baru memiliki perlengkapan sebagai berikut: sebuah perangkat iPhone, kabel USB, adaptor daya, headphone, buku manual, dan ejector kartu SIM. Sebelum membeli iPhone baru, Anda bisa mengecek terlebih dahulu kotak atau paket yang Anda terima, pastikan semua item diatas sudah ter-include.

Baca juga: Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone dengan Mudah

Cek Nomor IMEI iPhone

Setiap hp pasti memiliki kode IMEI yang unik. Untuk mengetahui nomor IMEI iPhone Anda, bisa dengan mengetikkan *#06# pada keypad lalu melakukan panggilan. Cara lain untuk mendapatkan nomor IMEI adalah membuka menu Settings->About->General. Anda juga dapat melihat bagian belakang kotak iPhone.

Pada iPhone versi lama, nomor IMEI juga dicetak di slot kartu SIM. Untuk sebagian besar iPhone dan perangkat iOS lainnya, nomor IMEI juga dicetak di bagian belakang perangkat iPhone tersebut. Jika setelah beberapa cara diatas, Anda masih tidak bisa melihat nomor IMEI, berarti iPhone Anda tidak asli.

Bagikan:

Leave a Comment

eight + nine =