Cara Mengetahui Akun Fake IG Itu Milik Siapa

Instagram kini sudah menjadi salah satu media sosial populer sejagat. Pengguna Instagram terbukti semakin bertambah setiap harinya. Namun akhir-akhir ini banyak bermunculan akun palsu, sehingga Anda harus tahu informasi cara mengetahui akun fake IG itu milik siapa.

Ya, diganggu oleh akun palsu memang menyebalkan. Hal ini dikarenakan akun palsu biasanya dibuat oleh seseorang untuk memata-matai akun orang lain. Orang yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan akun palsu untuk menyebarkan kebencian, tuduhan dan lain-lain.

Cara Mengetahui Akun Fake atau Palsu IG Itu Milik Siapa

Cara Mengetahui Akun Fake IG Itu Milik Siapa

Sayangnya, akun palsu yang sengaja dianonimkan bisa sulit dilacak siapa pemiliknya. Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mengetahui akun IG palsu milik siapa dan bisa Anda lakukan. Simak ulasan berikut yang telah kami dikumpulkan:

1. Cara Mengetahui Akun Fake IG Itu Milik Siapa dari Profil

Salah satu cara untuk mengetahui akun IG palsu milik siapa adalah dengan cara melakukannya dari profil akun. Namun, cara ini hanya bisa kita terapkan jika akun palsu tersebut tidak private. Jika akun Anda bersifat pribadi, Anda tidak akan pernah dapat mengakses profilnya.

  • Buka aplikasi Instagram dan temukan akun IG palsu di kolom pencarian. Jika akun palsu mengikuti Anda, Anda dapat menemukannya di daftar pengikut.
  • Setelah Anda menemukannya, buka bagian profil akun yang dimaksud. Kemudian silakan klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas Instagram.
  • Kemudian gulir ke bawah dan ketuk opsi Tentang akun ini.
  • Setelah itu, Instagram secara otomatis akan menampilkan berbagai informasi tentang akun IG palsu. Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk melihat kapan akun bersangkutan dibuat dan diaktifkan.
  • Pengguna juga dapat mengklik opsi “Nama Pengguna Sebelumnya” untuk melihat riwayat perubahan nama akun.
  • Ketika Anda mengklik Nama Pengguna Sebelumnya, IG akan secara otomatis menampilkan riwayat penggantian nama. Salah satunya bisa jadi adalah nama asli pemilik akun yang mungkin Anda ketahui.

2. Cara Mengetahui Fake Account IG Melalui Nomor HP

Kedua, Anda juga dapat mencoba cara mengetahui akun fake IG itu milik siapa dengan nomer HP. Seperti metode lainnya, metode ini mungkin sedikit tidak akurat. Hal ini karena tergantung pada apakah pemilik akun mencatat nomor tersebut atau tidak.

Namun tak ada salahnya cara ini Anda coba. Berikut cara mengetahui akun IG palsu dari nomor ponsel yang akun tersebut gunakan:

  • Sebagai langkah pertama, buka akun Instagram. Kemudian buka halaman profil Anda dan ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas.
  • Anda kemudian dapat memilih opsi “Temukan Orang”. Kemudian pilih opsi Kontak.
  • Anda kemudian dapat mengklik “Mulai” untuk menghubungkan nomor ponsel Anda dan terhubung ke ponsel dan akun Instagram.
  • Instagram akan otomatis menampilkan berbagai akun IG yang juga terhubung dengan kontak Anda. Nah, jika pemilik akun IG palsu juga memiliki nomor yang terdaftar, Anda mungkin akan melihat pemilik akun tersebut dalam daftar.

Pembahasan lebih mendalam bisa Anda baca disini.

3. Cara Melacak Fake Account Instagram Melalui Alamat IP

Anda juga dapat mengetahui cara melacak pemilik akun IG palsu dengan alamat IP. Ini bisa menjadi sedikit lebih rumit daripada metode sebelumnya. Namun, metode pengecekan akun palsu ini aman untuk dicoba. Metode ini juga dapat Anda jadikan acuan sebagai cara cek instagram penipu. Berikut cara melacak alamat IP dan melihat pemilik akun IG palsu:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram. Kemudian pastikan Anda masuk ke akun yang telah dimata-matai oleh akun palsu.
  • Kemudian temukan akun IG palsu. Jika akun bersangkutan mengikuti Anda, Anda dapat menemukannya di daftar pengikut. Namun, jika tidak, Anda dapat mencari dari kolom pencarian.
  • Setelah Anda menemukan akun yang dimaksud, klik langsung dan masuk ke profil akun IG palsu.
  • Selanjutnya, klik ikon gambar tiga titik di sudut kanan atas profil akun IG palsu dan pilih opsi Salin URL.
  • Kemudian buka tab baru dan buka browser. Anda kemudian dapat mulai melacak IP menggunakan pencatat “Grabify IP” (https://grabify.link/)  atau “Logger IP”.
  • Setelah itu, Anda dapat membuka situs dan menempelkan tautan URL ke kolom situs. Kemudian klik Buat URL.
  • Kirim URL ke akun IG palsu. Jika akun IG palsu mengklik tautan URL, Anda dapat menyalin alamat IP secara langsung.
  • Selanjutnya, buka situs web IP Tracker dan klik Opsi IP Tracker.
  • Setelah selesai, Anda akan melihat informasi tentang alamat IP akun palsu yang memata-matai.

Itulah cara melacak akun IG dengan URL yang memang sedikit repot untuk dilakukan. Namun cara ini terbukti dapat mengetahui beberapa informasi terkait akun palsu yang mungkin pernah melakukan teror kepada Anda.

Ada kemungkinan besar dengan Anda mengetahui alamat IP dari akun fake maka anda dapat melacak lokasi akun instagram target Anda.

Tiga cara mengetahui akun IG palsu milik siapa sudah Anda ketahui di atas. Cara ini tidak sepenuhnya akurat untuk mengetahui secara detail siapa pemiliknya. Karena hal itu memang privasi yang benar-benar dijaga oleh pihak Instagram itu sendiri.

Cara Mengidentifikasi Akun Fake IG

Mendapatkan pengikut baru di Instagram bisa sangat menyenangkan, terutama jika Anda memiliki lebih banyak akun. Namun, mungkin ada akun palsu yang mengikuti dan melakukan teror yang tidak Anda sukai.

Ini mungkin akan berdampak kecil dan masalah bagi Anda. Namun jangan khawatir. Untuk mengetahui keaslian akun Instagram, kami telah menyusun daftar beberapa tanda peringatan utama yang harus Anda waspadai. Berikut adalah di antaranya:

1. Mereka tidak mengikuti orang lain dan tidak memiliki pengikut

Hampir setiap akun real memiliki pengikut. Jika akun tidak ada yang mengikuti, itu bisa jadi akun palsu. Bot biasanya menggunakan akun tersebut untuk menempatkan tautan spam. Jika Anda menemukan akun seperti itu, mohon jangan klik tautannya.

2. Akun tidak memiliki gambar profil

Salah satu cara mengindentifikasi nya adalah Akun yang tidak memiliki gambar profil, besar kemungkinan akun tersebut bukan milik orang sungguhan.

3. Akun tersebut memberikan komentar acak untuk postingan Anda

Akun palsu akan mencoba membuat Anda mengikuti mereka juga. Mereka mungkin akan memberikan komentar acak yang tidak sesuai dengan postingan Anda. Contohnya adalah “Terima kasih atas kerja kerasmu!” Atau “Tendangan yang bagus!”.

Tapi mungkin juga dia seorang influencer yang mencari pengikut baru. Jika Anda memeriksa profilnya dan tidak ada yang mencurigakan, dia mungkin orang sungguhan. Ini adalah cara mengetahui akun IG palsu dengan sangat mudah.

4. Akun tidak berisi postingan

Akun yang belum pernah posting lebih mungkin sebagai akun palsu. Jika Anda menemukan akun yang tidak mengirim apa-apa, itu mungkin akun bot. Meskipun profil bersifat pribadi, Anda masih akan melihat jumlah kiriman di bagian atas profil akun terkait.

Perhatikan juga akun yang mengirim banyak hal, tetapi tidak melakukannya lagi. Jika akun sudah lama tidak Anda gunakan, itu mungkin akun palsu atau hacked dan berpindah tangan ke orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Akun menggunakan foto orang lain

Menggunakan foto orang lain hampir pasti menunjukkan bahwa akun bersangkutan palsu. Anda dapat memasukkan gambar dalam pencarian Google Reverse (melakukan pencarian berdasarkan gambar). Jika foto muncul di tempat lain, akun tersebut tentu saja palsu.

Penutup

Beberapa cara mengetahui akun fake IG itu milik siapa telah kami jelaskan di atas. Caranya juga sangat mudah dan bisa Anda coba sendiri. Selain itu perhatikan juga beberapa hal yang mengidentifikasikan sebuah akun itu palsu, seperti yang kami sebutkan pada lima poin di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.