Cara Uninstall Aplikasi di iPhone dengan Benar dan Mudah

Membiarkan aplikasi yang sudah lama tidak terpakai dapat membuat memori iPhone cepat penuh. Ada cara uninstall aplikasi di iPhone yang mudah agar bisa menciptakan lebih banyak ruang kosong pada memorinya.

Seakan tidak ada habisnya, aplikasi baru terus bermunculan yang tentunya dapat membuat kita penasaran untuk terus mencobanya dengan cara menginstall nya satu per satu.

Sayangnya kebanyakan user iPhone tidak langsung menghapus aplikasi tersebut jika tidak terasa ada manfaatnya. Padahal terlalu banyak menyimpan aplikasi pada iPhone selain dapat memboroskan ruang penyimpanan juga dapat memperlambat performa nya secara keseluruhan.

Belum lagi jika banyak aplikasi pihak ketiga yang tetap berjalan pada backgroundnya meskipun aplikasi tersebut sedang dalam keadaan tidak terpakai. Prosesor, ram, dan memori internal yang ada iPhone dapat dipastikan akan bekerja lebih berat dari yang seharusnya.

Jika anda termasuk orang yang malas menghapus aplikasi, berikut ini ada beberapa cara uninstall aplikasi iPhone yang praktis dan mudah. Cara uninstall berikut ini pastinya bisa anda coba pada berbagai versi iPhone seperti iPhone 6, 7, 8, X, XS, XR, hingga yang terbaru yaitu iPhone 12.

Cara Uninstall Aplikasi di iPhone dengan Benar dan Mudah

Bagi anda pengguna iPhone yang merupakan produk buatan dari Apple ini telah menyediakan beberapa cara untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa anda coba dan cukup pilih salah satunya saja agar aplikasi yang tidak terpakai itu bisa segera hilang dari sistem operasi iOS iPhone.

Baca juga: Cara Membuat File PDF di HP Android, iPhone serta Laptop

1. Uninstall dari Layar atau Home Screen

cara uninstall aplikasi di iphone

Cara pertama yang bisa anda coba untuk uninstall aplikasi iPhone dengan mudah yaitu dari layar ponsel atau dari home screen nya.

Cara ini bisa menghapus semua aplikasi iPhone dengan sangat praktis dan cepat. Anda hanya perlu menggunakan salah satu jari tangan untuk menekan dan menahan selama beberapa detik pada layar iPhone nya.

Dengan menekan pada layar iPhone selama beberapa detik maka secara otomatis ikon-ikon dari semua aplikasi nya akan muncul tanda silang berbentuk (X).

Tanda silang tersebut menandakan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut bisa langsung anda hapus. Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang sudah tidak terpakai lagi dan dengan menekan ikon aplikasi tersebut maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terhapus atau ter-uninstall langsung dari sistem iOS nya.

2. Menggunakan Manage Storage

cara uninstall aplikasi di iphone

Menggunakan cara menghapus dari home screen memang terbilang sangat praktis dan cepat. Namun saking cepatnya bisa-bisa salah pencet yang menyebabkan aplikasi yang seharusnya tidak ter-uninstall malah bisa hilang begitu saja.

Untuk menghindari hal itu, anda bisa gunakan cara kedua yang menghapus aplikasi menggunakan manage storage. Hampir sama dengan smartphone Android, pengguna iPhone yang sistem nya menggunakan iOS juga harus masuk ke pengaturan terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya juga terbilang sangat mudah dan cepat, silahkan masuk ke Setting -> General -> Usage -> Manage Storage.

Setelah itu akan tampil banyak aplikasi yang telah anda install sebelumnya. Pilih saja aplikasi mana yang akan dihapus dari sistem nya agar memori iPhone anda bisa lebih longgar.

3. Uninstall dari iTunes

cara uninstall aplikasi di iphone

Cara ketiga ini membutuhkan perangkat komputer atau laptop agar bisa menghapus aplikasi iPhone yang sudah tidak terpakai.

  • Hubungkan iPhone dengan Komputer atau laptop
  • Setelah berhasil terhubung lalu sinkronkan dengan iTunes
  • Buka halaman app dan tinggal pilih aplikasi yang ingin anda hapus dari iPhone nya.

Akhir Kata untuk Cara Uninstall Aplikasi di iPhone

Apapun cara uninstall aplikasi di iPhone yang anda pilih, hal ini hanyalah melegakan ruang memori iPhone namun tidak dengan menambah. Ada baiknya jka teman-teman memang memiliki kebutuhan terhadap aplikasi yang banyak pada iPhone nya maka anda dapat mempertimbangkan untuk meng-upgrade iPhone anda dengan kapasitas memori yang lebih besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.