Cara Merekam Layar di iPhone Paling Mudah

Dengan mengetahui cara merekam layar di iPhone, Anda dapat membuat rekaman layar pada video yang sedang ditonton atau aktivitas dari aplikasi yang sedang dijalanan di iPhone Anda.

Merekam layar pada iPhone Anda memiliki manfaat tersendiri, Baik itu ketika Anda ingin menyimpan klip permainan yang Anda mainkan, merekam bagian video dari live sreaming di Instagram, atau membuat video tutorial yang Anda tunjukan kepada pengguna lainnya. Anda dapat mengirim klip video yang sudah Anda rekam ke kerabat atau keluarga lalu mengunggahnya ke Facebook, Twitter, atau mempostingnya ke story Instagram Anda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas langkah-langkah mengenai cara merekam layar iPhone Anda, berlaku bagi iPhone seri lama ataupun terbaru.

Fitur Screen Recording atau Perekam layar merupakan fitur bawaan yang ada iPhone Anda, akan tetapi untuk menggunakannya, terlebih dahulu Anda harus memastikan apakah tombol rekam layar ada di Control Center.

Cara Memunculkan Tombol Screen Recording untuk Merekam Layar iPhone

Untuk membuka Control Center, Anda bisa geser ke bawah dari sudut kanan atas jika Anda menggunakan iPhone X atau versi lebih baru, atau geser ke atas jika Anda memiliki perangkat iPhone 8 atau versi lebih lama. Coba anda lihat apakah terdapat tombol screen record atau tombol rekam layar, bentuk tombolnya menyerupai titik dengan lingkaran di sekitarnya. Jika tidak ditemukan, berikut cara menambahkannya:

  • Buka menu Settings
  • Lalu, Ketuk “Control Center
  • Kemudian, Ketuk “Customize Controls
  • Di laman ini Anda dapat menambahkan dan menghapus item dari menu Control Center Anda. Scroll ke bawah dan tekan tombol hijau dengan tanda “+” berada di sebelah “Screen Recording.” Maka kini tombol Screen Recording sudah aktif dan berada di Control Center.

Baca juga: Cara Merekam Suara di iPhone dan Mengedit-nya

Cara Merekam Layar di iPhone dengan Tombol Screen Recording

Sekarang karena fitur Screen Recording sudah aktif di Control Center, Anda sudah bisa merekam layar iPhone Anda. Sebelum memulai ada hal yang harus kamu ketahui yakni terdapat beberapa aplikasi yang tidak mengizinkan atau memblokir perekaman layar ini contohnya Netflix.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai merekam layar iPhone:

  • Buka aplikasi atau situs web yang ingin Anda rekam
  • Swipe ke atas untuk membuka menu Control Center untuk pengguna iPhone 8 atau versi lebih lama atau swipe kebawah menu dari sudut kanan atas untuk pengguna iPhone X atau versi lebih baru
  • Ketuk tombol bulan sabit untuk mengaktifkan mode Do Not Disturb yang akan menjeda panggilan dan notifikasi untuk sementara. Hal ini berguna karena saat Anda merekam layar, Anda akan merekam semua yang muncul di layar iPhone Anda, termasuk notifikasi yang masuk. Jika Anda menekan dan menahan tombol Do Not Disturb, Anda akan melihat lebih banyak opsi atau pilihan, seperti menonaktifkan notifikasi hanya selama satu jam atau menjadwalkan saat Anda ingin menjedanya.
  • Masih pada Control Center, ketuk tombol rekam layar untuk mulai merekam. Setelah Anda menekan tombol rekam layar, penghitung waktu akan muncul di layar, yang memberikan Anda jeda tiga detik sebelum mulai merekam. Ketuk layar untuk menyembunyikan menu Control Center.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone tanpa Ribet

Kini Anda sudah bisa untuk merekam video dan audio dari apa pun yang Anda tonton atau dengarkan di iPhone Anda akan tetapi Anda tidak dapat merekam audio atau suara yang tidak dihasilkan dari iPhone Anda. Jika Anda ingin merekam diri Anda berbicara (atau suara dari luar) selain merekam audio yang Anda putar di ponsel, Anda harus mengaktifkan mikrofon:

  • Sebelum Anda mulai merekam, tekan dan tahan tombol screen record atau tombol rekam layar. Ketuk tombol mikrofon di layar pop-up untuk mengaktifkan mikrofon. Kemudian ketuk tombol yang bertuliskan “Start Recording.” Penghitung waktu akan dimulai di layar. Ketuk di mana saja pada layar untuk keluar dari layar, lalu ketuk layar berikutnya untuk menutup Control Center.
  • Hal yang harus diperhatikan adalah setelah Anda menyalakan mikrofon, mikrofon akan tetap menyala saat Anda merekam layar berikutnya terkecuali Anda kembali ke Control Center lalu menonaktifkannya.
  • Untuk berhenti merekam, swipe ke atas atau ke bawah untuk mengakses Control Center dan ketuk tombol rekam.
  • Sewaktu Anda membuka media seperto sedang menonton video YouTube atau Instagram Stories, Anda akan melihat tanda merah di bagian atas layar iPhone Anda atau berada di kiri atas jika Anda memiliki iPhone yang lebih baru yang menunjukkan bahwa Anda sedang merekam. Jika Anda mengetuk tanda merah tersebut, Anda akan mendapatkan jendela pop-up yang mengonfirmasi apakah Anda ingin berhenti merekam. Ketuk “Stop” untuk berhenti.
  • Video akan tersimpan dengan galeri foto dan video Anda di aplikasi Photos.

Demikian caramerekam layar di iPhone, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard iPhone yang Ngelag

Bagikan:

Leave a Comment

2 + 9 =