Tenang Dulu! Cara Mengembalikan Post Instagram yang Terhapus Secara Cepat Works 100%

Instagram saat ini merupakan salah satu media sosial yang paling populer di masyarakat kita, menyusul setelahnya Facebook dan Tiktok. Instagram sebagai wadah bagi anda yang suka mengupload foto serta video. Namun pada beberapa kasus, tidak sedikit orang-orang yang secara tidak sengaja menghapus foto atau video yang telah anda upload di Instagram? Tidak perlu khawatir, berikut cara mengembalikan post Instagram yang terhapus tanpa aplikasi.

Baca juga: Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram dengan Cepat dan Praktis 100% Works

2 Cara Mengembalikan Post Instagram yang Terhapus

Terdapat beberapa cara yang bisa anda pilih sebagai cara mengembalikan post Instagram yang terhapus. Berikut langkah lengkapnya:

1. Cara Pertama untuk Mengembalikan Post Instagram yang Terhapus adalah Melalui Arsip Data Instagram

Cara mengembalikan post Instagram yang terhapus baik berupa foto maupun video yang pertama adalah dengan menggunakan arsip data Instagram. Layanan ini memang disediakan oleh Instagram untuk anda yang tidak sengaja menghapus postingan. Caranya cukup mudah dan prosesnya cepat, asalkan anda mengingat akun email yang anda gunakan untuk membuat akun Instagram dulu. Anda juga sebaiknya memiliki aplikasi pembuka file .zip atau file .rar.

Untuk langkah lengkapnya, simak caranya berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram anda, dan masuk ke akun yang akan anda kembalikan foto atau videonya.
  • Masuk ke bagian halaman profil akun anda dengan menekan ikon foto profil di sebelah kanan bawah halaman.
  • Pilih ikon berupa tiga garis yang ada di bagian kanan atas halaman.
  • Tekan pilihan ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’.
  • Kemudian tekan pilihan ‘Security’ atau ‘Keamanan’.
  • Pada bagian ‘Data and History’ pilih pilihan kedua ‘Download Data’ atau ‘Unduh Data’.
Cara Mengembalikan Post Instagram yang Terhapus
  • Kemudian Instagram akan meminta anda mengisi beberapa data.
  • Masukkan alamat email akun Instagram yang anda gunakan untuk pendaftaran awal.
  • Ketikkan juga password terbaru dari akun instagram anda.
  • Tunggu hingga Instagram merespon anda dengan mengirimkan sebuah link atau tautan yang jika anda klik akan mengarahkan anda ke halaman baru untuk mengunduh file arsip Instagram anda.
  • Klik tautan tersebut kemudian unduh datanya.
  • Data arsip Instagram akan tersedia dalam format .zip atau .rar jadi anda perlu mengekstrak file tersebut menggunakan aplikasi tambahan. Atau anda bisa memindahkannya ke PC tanpa membutuhkan aplikasi tambahan.
  • Setelah anda mengekstrak file .zip tersebut, anda akan mendapatkan berbagai jenis file arsip baik foto maupun video apapun yang pernah anda unggah di Instagram. File ini akan dibagi berdasarkan tanggalnya.
  • File ini akan tersedia hanya selama 4 hari saja. jika anda tidak segera mengunduhnya, file akan kembali hilang. Namun anda tetap bisa meminta file tersebut kembali dengan mengulangi langkah yang sama seperti diatas.

2. Cara Kedua Melalui Galeri Ponsel

Cara mengembalikan post Instagram yang terhapus yang kedua adalah melalui galeri ponsel anda. Cara ini akan berfungsi hanya untuk anda yang sudah mengaktifkan fitur simpan otomatis pada Instagram, anda bisa melihat kembali foto maupun video yang telah anda unggah di Instagram meskipun postingan tersebut telah anda hapus. Cara mengaktifkan simpan otomatis ini adalah:

  • Masuk ke akun instagram anda
  • Masuk ke halaman profil akun anda
  • Klik bagian kanan atas profil (ikon 3 garis)
  • Kemudian pilih ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ (bagian paling bawah kanan halaman)
  • Pilih menu ‘Account’ atau ‘Akun’
  • Terdapat menu berjudul ‘Original Post’ atau ‘Postingan Asli’
  • Pastikan semua pilihan tercentang biru

Nah jika anda sudah memiliki pengaturan tersebut sebelumnya, anda bisa menggunakan cara ini sebagai cara mengembalikan post Instagram yang terhapus. Langkah-langkahnya adalah:

  • Buka menu ‘File Manager’ atau ‘Manajemen File’
  • Bukalah folder ‘Internal Storage’ atau ‘Penyimpanan Internal’
Cara Mengembalikan Post Instagram yang Terhapus
  • Kemudian akan ada folder berjudul ‘Pictures’
  • Di Dalam folder tersebut terdapat folder lagu berjudul ‘Instagram’ yang akan menampilkan semua foto, video, instagram story bahkan IGTV yang telah anda unggah di Instagram sebelumnya.
Cara Mengembalikan Post Instagram 4

Cara mengembalikan post Instagram yang terhapus yang kedua ini bisa berfungsi di semua ponsel baik android maupun iPhone. Jika anda tidak menemukan folder ‘Instagram’ di ‘Penyimpanan Internal’ anda bisa mencoba mencarinya di folder ‘SD Card’ karena pengaturan penyimpanan pada setiap ponsel berbeda-beda.

Baca juga: Cara Membuat Link LINE untuk Dipasang di Instagram dan Facebook dengan Mudah

Tips Aman Bermain Instagram

Media sosial merupakan media bebas berekspresi semua orang dan akun yang anda miliki sudah pasti menjadi hak pribadi anda. Namun ada saja oknum-oknum yang berniat buruk terhadap akun anda seperti kegiatan hack atau teror. Untuk mencegah hal tersebut, berikut beberapa tips aman anda untuk bermain instagram:

1. Menggembok Akun

Menggembok akun adalah salah satu tindakan preventif untuk menggunakan sosial media anda. Mungkin anda akan lebih nyaman ketika yang ebrada di Instagram anda adalah orang-orang yang benar-benar anda kenal dan dapat anda pastikan tidak akan memanfaatkan akun anda untuk kejahatan. Cara untuk menggembok akun adalah dengan mengklik halaman profil instagram anda. Kemudian pilih menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan. Pada menu ‘Account Privacy’ atau ‘Privasi Akun’, aktifkan semua pilihannya. Jika anda sudah menggembok akun, orang yang bisa melihat akun anda hanyalah orang yang telah anda follow saya.

2. Menyingkirkan Orang yang Mengganggu

Memiliki followers yang menyebalkan di Instagram? Singkirkan saja dengan memblokir atau meremove akun mereka. Selain untuk menjaga akun anda, langkah ini juga baik untuk kesehatan mental anda saat bersosial media. caranya adalah cari akun yang akan anda blokir atau anda remove, kemudian pilih ikon 3 titik kecil disamping akun tersebut dan klik menu ‘Remove’ atau ‘Blokir’.

3. Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Dengan mengaktifkan two factor authentication di Instagram, anda bisa mengontrol siapapun yang masuk ke akun anda. Setiap anda melakukan aktivitas login pada perangkat baru, anda akan mendapatkan notifikasi berupa SMS yang memastikan anda adalah orang yang benar-benar login di akun tersebut.

4. Sering Mengecek History Aktivitas Anda

Untuk mengetahui apakah akun anda hanya dibuka oleh anda, sebaiknya anda sering memeriksa atau mengecek history atau riwayat aktivitas anda. Caranya adalah dengan memilih menu ‘Privacy and Security’ pada menu ‘Setting’. Kemudian pilih menu ‘Access Data’. Pada bagian ini akan terlihat berbagai aktivitas yang pernah anda lakukan seperti login, logout, penggantian data dan lain sebagainya. Pastikan seluruh aktivitas tersebut benar-benar anda lakukan sendiri.

5. Hindari Aplikasi Lain yang Memberikan Akses ke Instagram

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin akan meminta anda untuk memberikan akses untuk mengambil data dari Instagram anda. Logikanya, semakin banyak aplikasi yang memiliki akses ke akun anda, semakin besar kemungkinan akun anda bisa diretas atau di hack. Untuk itu, sebelum memberikan izin akses, sebaiknya anda berpikir ulang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Demikian beberapa cara mengembalikan post Instagram yang terhapus baik berupa foto maupun video dan juga tips aman untuk bermain Instagram. Semoga artikel diatas dapat membantu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga: Cara Mendapatkan Like Banyak di Facebook Tanpa Auto Like Secara Ampuh

Leave a Comment