Resiko Root Android Yang Wajib Anda Ketahui

Resiko Root Android Yang Wajib Anda Ketahui – Seperti yang telah bisa Anda lihat bahwa saat ini smartphone atau ponsel pintar yang bersistem operasi Android telah menjamur di mana-mana. Perangkat yang ukurannya mungil ini memang sangat populer dan telah digunakan oleh banyak orang, pasalnya ponsel pintar Android merupakan sebuah perangkat serbaguna yang akan bisa mengerjakan berbagai macam fungsi yang begitu beragam selain fungsinya sebagai alat komunikasi. Bagi anda para pengguna Android, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata Root.

Root sendiri merupakan suatu proses yang mengijinkan para pengguna perangkat bersistem operasi Android untuk mendapatkan akses penuh ke perangkatnya tersebut. Ya, proses root memang membuat para pengguna Android untuk bisa melakukan lebih banyak hal dengan perangkatnya tersebut sehingga membuat banyak pengguna Android yang ingin perangkatnya diroot. Namun di balik berbagai manfaat yang bisa dirasakan dari proses root, ternyata proses root juga memiliki bsberapa resiko tersendiri seperti yang akan diulas di bawah ini.

Baca juga: Cara Format Kartu SD pada Android, Laptop, dan Komputer Terbaru

Resiko Root Android Yang Wajib Anda Ketahui

1. Menghilangkan Garansi

Resiko pertama yang harus Anda hadapi jika melakukan proses root adalah akan menghilangkan garansi dari perangkat smartphone atau tablet Android yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan proses root akan mengubah akses ke sistem menjadi full yang mana hal tersebut beresiko merusak sistem bawaan sehingga akan bisa memicu berbagai macam masalah pada perangkat tersebut.

2. Merusak Sistem

resiko root android

Hal kedua yang juga menjadi resiko apabila Anda melakukan root adalah akan merusak sistem, terlebih lagi jika Anda tidak benar dalam menjalankan proses root sehingga tentu saja hal ini akan bisa memicu timbulnya masalah yang serius, salah satunya adalah bootloop. Seperti yang Anda ketahui bahwa bootloop merupakan mimpi buruk bagi pengguna Android karena Anda tidak bisa masuk ke sistem.

3. Menjadikan Android Tidak Stabil

resiko root android

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa proses root akan bisa membuat Android menjadi lebih stabil dan cepat kinerjanya, padahal anggapan tersebut merupakan sesuatu yang keliru. Proses root yang dilakukan pada Android justru akan berpotensi menjadikan sistem Android menjadi tidak stabil, terlebih lagi apabila Anda melakukan pemasangan tweak ataupun custom ROM yang tidak sesuai.

Baca juga: Cara Mengatasi Hp Disadap Serta Kiat-Kiat Menghindarinya

4. Keamanan Menurun

Resiko berikutnya yang harus siap Anda terima jika ingin melakukan proses root terhadap perangkat Android yang dimiliki adalah keamanan yang menurun. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa proses root akan menjadikan akses ke sistem menjadi tidak terbatas sehingga tentu saja hal tersebut akan memberikan celah yang lebar kepada berbagai virus dan malware untuk merusak sistem.

5. Perangkat Mati Total

Resiko lainnya yang juga harus siap untuk dihadapi jika Anda melakukan proses root pada Android adalah perangkat yang mati total. Ya, salah satu resiko paling berat dari proses root Android memang akan bisa membuat perangkat smartphone ataupun tablet yang Anda miliki mati total di mana perangkat Android tidak menunjukkan kehidupan sama sekali meskipun Anda sudah mencoba mengaktifkannya.

Bagi Anda yang merasa tertarik untuk melakukan proses root, maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa resikonya yang ada di atas.

Baca juga: Cara Download Video di UC Browser Android tanpa Ribet

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.