Cara Mengisi Tinta Printer Paling Mudah 100% Works

Sebagai perangkat eksternal komputer yang digunakan untuk berbagai keperluan utamanya yang berkaitan dengan pencetakan suatu file, hal yang akan sering dilakukan dengan perangkat tersebut adalah mengisi tinta. Cara mengisi tinta printer pada setiap merk printer pasti memiliki perbedaan.

Nah, mengenai bagaimana cara pengisiannya yang work dan paling mudah untuk merk printer yang paling banyak digunakan, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan tutorialnya untuk Anda!

Baca juga: Rekomendasi Printer Epson Murah yang Cocok Untuk Semua Kalangan

Cara Mengisi Tinta Printer yang Benar

Cara Mengisi Tinta Printer Epson

Cara Mengisi Tinta Printer yang Benar
image credit: tokopedia.com/alkhalief/tinta-printer-epson-original-l350-l355-l360-l365-l455-l550-l555-l565

Jenis printer Epson yang beragam dengan banyaknya fitur yang diberikan membuat banyak orang baik penggunaan pribadi atau untuk keperluan kantor yang menggunakan printer Epson sebagai pilihannya. Selain cara perawatan printer yang cukup mudah, jika tinta habis dan ingin diisi kembali caranya juga sangat mudah.

Cara mengisi tinta printer Epson yang bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda angkat dan turunkan kotak tinta Epson L360 dari printer Anda
  • Anda pastikan melakukannya secara perlahan dan jangan sampai selang tinta ada yang mengalami sobekan apalagi sampai ada yang terputus
  • Penutup kotak atau tabung tinta Anda buka dan kemudian Anda rebahkan kotak tinta pada tempat yang kondisinya datar. Jika perlu buka sedikit selotip penahan kotak tinta yang berwarna biru
  • Pada bagian penutup lubang isi tinta, Anda buka
  • Anda langsung isi ulang tinta di sana dengan memencet botol tinta secara perlahan ke dalam lubang sehingga volume dari tintanya mendekati batas maksimal dari pengisian tinta.

Baca juga: Cara Cleaning Printer Epson yang Paling Mudah

Oh ya, pastikan Anda berhati – hati dalam melakukan pengisian ulang tinta. Jangan sampai warna tinta yang dimasukkan berbeda karena dapat merusak cartridge printer yang sedang digunakan. Jadi berhati – hatilah.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Sementara jika Anda pengguna printer Canon, pengisian tintanya tak kalah mudah dengan pengisian tinta pada Epson. Cara mengisi tinta printer Canon dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda perlu lakukan adalah mengeluarkan cartridge dari printer Canon kemudian Anda segera buka stiker cartridgenya. Anda akan melihat sebuah lubang kecil yang merupakan tempat sirkulasi udara.
  • Anda bisa mulai memperbesar lubang dengan menggunakan paku dan jika sudah cukup, masukkan jarum suntik ke dalamnya. Kalau sudah menyentuh busa cartridge, Anda sudah melakukan pengisian secara menyeluruh.
  • Dalam pengisian tinta hitam, baiknya Anda ambil ½ bagian ukuran kecil atau ¼ bagian ukuran besar. Anda akan temukan beberapa tinta yang dikemas pada suntikan tersebut.
  • Masukkan ke dalamnya jarum suntik sampai menyentuh busa cartridge dan suntikkan ke dalam cartridge tersebut tinta hitamnya dengan volume ¼ atau ½.
  •  Selanjutnya Anda tahan head dengan menggunakan tisu supaya tidak sampai berceceran kemana – mana.
  • Lakukan langkah yang sama dengan cara pengisian tinta hitam di printer Canon ketika Anda mengisi tinta warna atau cartridge warna. Baiknya untuk tinta warna Anda isi 1/5 karena penampung tinta biasanya lebih kecil dari tinta hitam.
  • Terakhir, Anda letakkan cartridge ke tempat dudukannya kembali dan sekarang printer sudah siap untuk Anda gunakan.

Baca juga: Kok Bisa Tinta Printer Tidak Keluar? Berikut Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Demikian tips dan trik cara yang telah disebutkan diatas yang dijamin 100% work dan sangat mudah dilakukan. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat khususnya bagi pengguna printer yang disebutkan di atas baik Epson atau Canon.

Anda juga bisa menonton video ini agar dapat lebih mudah dipahami:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.