Cara Menghilangkan Mode Aman atau Safe Mode di Android Semua Tipe

Sistem operasi Android yang berbasis open – source dapat membantu pengguna untuk memodifikasi perangkat di dalamnya. Namun sistem satu ini dapat membuat Android  lebih cepat rusak dengan demikian ponsel Anda akan masuk ke Safe Mode untuk menghindari kerusakan. Cara menghilangkan mode aman cukup mudah. Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya, kami akan mencoba memberi tahu Anda beberapa cara untuk menghilangkan mode aman di HP Android yang bisa Anda terapkan. Yuk, simak sama-sama!

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri pada Android dengan Mudah

Cara Menghilangkan Mode Aman atau Safe Mode di Android Semua Tipe

Cara Menghilangkan Mode Aman yang Pertama adalah Restart HP  

Cara menghilangkan mode aman yang pertama adalah dengan merestart HP Android Anda. Perlu untuk diketahui bahwa mode ini akan muncul sementara sampai masalah  yang ada pada smartphone Anda dapat terselesaikan.

Apabila sebelumnya Anda merasa tidak ada yang bermasalah pada sistem smartphone Anda maka Anda atau dengan tidak sengaja Anda mengaktifkan mode aman pada Android maka cara satu ini bisa untuk Anda coba.

Langkah untuk menghilangkan safe mode dengan merestart HP ini cukup mudah, Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama Anda perlu menekan dan tahan tombol power. Tombol power HP silahkan Anda tekan dan tahan hingga muncul beberapa opsi yang bisa Anda pilih.
  • Jika sudah, pilih menu “Reboot”. Dengan demikian maka HP Anda akan direstart.
  • Tunggu hingga proses restart selesai dan ponsel Anda kembali menyala.

Baca juga: Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Di Android 100% Works!

Melepas Baterai

Selanjutnya cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mode aman adalah dengan melepas baterai HP. Bukan hanya itu, dengan melepas baterai dapat berguna untuk Anda yang memiliki HP lemot.

Melepas baterai dapat membantu HP Anda untuk menghentikan segala proses yang ada pada perangkat Android. Setelah melepas baterai Anda perlu untuk menunggu beberapa detik sebelum memasang baterai HP kembali. Cara untuk melepas baterai adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama Anda perlu untuk menekan dan tahan tombol power HP, kemudian pilih opsi “Power Off”.
  • Apabila hp Anda sudah mati, segara lepas baterai.
  • Tunggu beberapa detik dan pasang baterai kembali dengan benar.
  • Jika sudah, nyalakan HP dengan kembali menekan dan tahan tombol power.

Baca juga: Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti di Android dengan Cepat

Menghapus Aplikasi yang Malfungsi

Cara Menghilangkan Mode Aman atau Safe Mode di Android Semua Tipe
image credit: https://youtu.be/6PVILyb-Srs

Perlu untuk Anda ketahui bahwa salah satu penyebab HP Android Anda tiba – tiba masuk ke Safe Mode adalah karena adanya aplikasi yang malfungsi yang diperarah oleh root.

Anda diharuskan untuk mencoba mengingat kembali aplikasi terakhir apa yang telah Anda gunakan pada ponsel sebelum masuk ke safe mode. Apabila Anda mengingat aplikasi tersebut maka Anda bisa langsung untuk uninstall aplikasi tersebut. Jika sudah uninstall maka Anda bisa merestart ponsel.

Untuk menghapus aplikasi di HP Android maka Anda bisa mengikuti langkah – langkah di bawah :

  • Langkah pertama Anda diharuskan untuk membuka menu pengaturan atau settings terlebih dahulu.
  • Apabila menu telah terbuka maka Anda bisa untuk masuk ke menu “Apps” kemudian pilih “Manage Apps”.
  • Jika sudah maka pilih dan hapus aplikasi yang diduga menjadi penyebab HP masuk Safe Mode.
  • Apabila sudah ketemu maka pilih menu “Uninstall”.

Jika Anda ingin lebih mudah saat uninstall maka Anda bisa masuk ke aplikasi Play Store. Dengan aplikasi ini maka Anda lebih mudah untuk mencari aplikasi yang bermasalah dan tinggal klik tombol “Uninstall”. Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan mode aman atau safe mode para smartphone Android. Semoga beberapa cara diatas dapat membantu Anda untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi pada ponsel.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.