Cara Mengeluarkan Air dari iPhone tanpa Ribet

Sebagai pemilik iPhone, Anda tentu sangat berhati-hati agar iPhone tidak terjatuh dan terkena air. Namun, semaksimal apapun Anda berhati-hati, akan ada momen  iPhone terkena air. Jika iPhone Anda jatuh maupun kemasukan air segera lakukan cara mengeluarkan air dari iPhone.

Apabila tidak segera mengeluarkan air dari iPhone maka bisa terjadi kerusakan yang lebih parah. Anda bisa mengeluarkan air dari iPhone dengan dua cara. Pertama tanpa aplikasi, kedua menggunakan aplikasi.

Baca juga: Kenapa Baterai iPhone Cepat Habis? Ini 6 Solusi Mengatasinya

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Tanpa Aplikasi

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone
image credit : paragram.id

Mengeluarkan air dari iPhone tanpa aplikasi dilakukan secara manual dengan cara membongkar badan iPhone. Cara ini dipilih apabila iPhone tidak hanya terciprat air, tetapi benar-benar terendam air seperti jatuh ke kolam maupun ke laut yang menyebabkan air masuk ke dalam mesin atau motherboard iPhone.

Berikut peralatan yang perlu Anda siapkan dan cara mengeluarkan dari iPhone secara manual:

Alat yang Dibutuhkan untuk iPhone Kemasukan Air

  • Obeng khusus untuk membongkar ponsel
  • Benda pipih dan tidak mudah patah seperti kartu perdana, alat pemetik gitar maupun penggaris besi
  • Kain atau tisu kering dan bersih

Langkah Membongkar iPhone

  • Matikan iPhone
  • Perhatikan bagian bawah iPhone. Di dekat port charger terdapat 2 buah sekrup atau mur yang mengapit port charger. Buka kedua sekrup tersebut menggunakan obeng.
  • Lalu buka bagian atas iPhone. Pada badan iPhone terdapat seperti garis yang memisahkan layar dengan bagian badan iPhone. Dorong kartu perdana/alat pemetik giat/penggaris besi atau benda pipih lainnya pada garis tersebut sambil digesek, boleh ke kanan maupun kiri hingga muncul celah di antara layar dan badan iPhone.
  • Jika seluruh bagian sudah digesek angkat bagian lanyard iPhone secara perlahan.
  • Bagian layar dan badan iPhone akan terpisah, tetapi sebagian layar masih menempel pada badan iPhone. Hal ini karena terdapat pita yang tersambung pada motherboard.
  • Untuk memisahkan layar dari badan iPhone buka kait yang mengubungkan pita pada layar dengan bagian motherboard iPhone. Hati-hati saat membukanya, jangan sampai pita putus karena jika putus maka layar iPhone akan mati.
  • Kemudian keluarkan baterai iPhone menggunakan kartu perdana/obeng pipih.

Langkah Mengeringkan iPhone dari Air

Jika langkah membongkar iPhone sudah berhasil dilakukan. Sekarang saatnya mengeluarkan air dan mengeringkan iPhone.

  • Usap bagian motherboard iPhone, bagian belakang layar, dan baterai iPhone menggunakan kain/tisu kering dan bersih
  • Selanjutnya biarkan ketiga bagian tersebut di udara terbuka agar kering. Jangan dijemur apalagi dikeringkan menggunakan hair dryer karena baterai bisa meledak dan layar bisa rusak. Cukup dikeringkan dengan cara diangin-angin pada udara terbuka.
  • Untuk mengeringkan bagian speaker, goyangkan bagian badan iPhone yang terdapat motherboard-nya ke atas dan bawah hingga air tepercik dari dalam speaker.
  • Jika iPhone sudah benar-benar kering, pasang kembali bagian-bagian iPhone dimulai dari baterai,lalu hubungkan pita layar pada port motherboard, kemudian pasang layar pada body iphone hingga rapat tandanya hingga tedengar suara “klik”.
  • Terakhir pasang kembali sekrup atau mur iPhone menggunakan obeng.
  • Nyalakan iPhone. Jangan lupa untuk tes speaker dan microphone apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika speaker terdengar aneh artinya speaker mengalami kerusakan. Segera bawa iPhone ke service center resmi untuk memperbaikinya.

Baca juga: Cara Memperbaiki iPhone Ngecas Lama dengan Mudah

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Aplikasi

Cara Mengeluarkan Air dari Iphone

Untuk Anda yang awam dan belum pernah membongkar iPhone mungkin merasa bahwa mengeluarkan air dari iPhone dengan cara membongkarnya terlalu berisiko.  Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa perlu membongkarnya, yaitu menggunakan aplikasi.

Terdapat beberapa aplikasi khusus untuk mengeluarkan air dari iPhone Anda. Namun, dari sekian banyak aplikasi yang tersedia terdapat satu yang paling kami sarankan, yaitu Water Eject.

Water Eject sudah tersedia pada iPhone. Anda tidak perlu repot mengunduhnya pada App Store. Namun, jika ternyata pada iPhone Anda tidak terdapat aplikasi ini maka Anda dapat mengunduhnya secara gratis di App Store.

Aplikasi Water Eject memiliki ukuran sekitar 61.3 MB. Sehingga pastikan bahwa ruang penyimpanan iPhone masih cukup untuk mengunduh dan menginstalnya.

Untuk mengaktifkan dan menggunakannya, ikuti tutorial berikut.

  1. Langkah pertama buka aplikasi/menu shortcut pada iPhone. Akan muncul jendela baru yang menampilkan All Shortcut/seluruh shortcut. Cari menu Water Eject. Jika tidak menemukannya ketik “Water Eject” pada kotak pencarian.
  2. Pada bar notifikasi (notification bar) iPhone akan muncul tulisan  atau pemberitahuan “Begin Water Ejection”. Klik tulisan tersebut.
  3. Tidak lama kemudian, ringtone iPhone Anda akan berbunyi sangat keras. Tidak perlu panik karena artinya proses pengeluaran air sedang berjalan.
  4. Water Eject mengandalkan getaran dari gelombang suara untuk mengeluarkan air dari dalam speaker. Maka jangan heran kenapa ringtone iPhone Anda berbunyi sangat keras jika kita bandingkan dari biasanya.
  5. IPhone akan berbunyi selama kurang lebih 15 deti. Jika sudah selesai maka suara tersebut akan mati dengan sendirinya. Kemudian pada notification bar akan muncul pemberitahuan bahwa proses pengeluaran air sudah berhasil.
  6. Restart iPhone Anda. Lalu cek speaker iPhone dan microphone dengan cara menggunakannya untuk mendengarkan musik dan menelepon.

Selain melalui menu/aplikasi shortcut, Water Eject juga dapat Anda aktifkan menggunakan Siri dengan kode suara “Hi Siri, Water Eject”. Meskipun pengaturan iPhone Anda menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa selain Inggris Water Eject tetap akan otomatis terbuka dan aktif. Kemudian ikuti langkah nomor 3 hingga 5 di atas.

Untuk mengantisipasi jika iPhone Anda terkena air lagi maka sebaiknya taruh aplikasi Water Eject pada menu home screen supaya tidak repot mencarinya pada aplikasi Shortcut maupun memerintah Siri. Berikut langkah-langkah meletakkan Water Eject pada home screen iPhone.

  1. Buka aplikasi Shortcut. Cari aplikasi Water Eject
  2. Jika sudah menemukannya, pencet tombol 3 titik yang berada di pojok kanan atas tampilan awal Water Eject sebelum Anda buka.
  3. Akan muncul jendela baru. Klik tombol di sebelah kanan dekat tombol silang yang berbentuk seperti simbol setting
  4. Water Eject akan menampilkan berbagai macam menu. Pilih “Add to home screen”. Kemudian pilih “Add”.
  5. Tutup aplikasi Water Eject.
  6. Cek menu home screen iPhone Anda. Aplikasi Water Eject sudah muncul di sana. Namun, jika tidak ada maka ulangi langkah di atas.

Kini Anda bisa dengan mudah membuka aplikasi tersebut tanpa perlu repot membuka menu Shortcut maupun menggunakan Siri. Namun perlu Anda garis bawahi bahwa mengeluarkan air dari iPhone menggunakan aplikasi Water Eject hanya berlaku untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone.

Jika bagian dalam iPhone terkena air maka Water Eject tidak bisa mengeluarkannya, Anda tetap harus mengikuti langkah cara mengeluarkan air dari iPhone dengan cara membongkarnya. Apabila tidak yakin untuk membongkar iPhone Anda sendiri maka bisa membawanya ke service center resmi.

Baca juga: Cara Mengatasi iPhone Mati Total Tidak Bisa di Charge

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.