Cara Mengatasi USB Device Not Recognized dengan Tepat dan Gampang

USB device not recognized bagi sebagian orang memang menjadi suatu masalah yang harus segera diatasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi USB device not recognized yang bisa dilakukan?

Ya, kita harus mengakui bahwa di era digital seperti sekarang ini semakin banyak orang yang pekerjaannya berkaitan dengan penggunaan PC atau laptop yang fungsinya tidak hanya untuk mengetik dan internetan saja, melainkan juga untuk menyimpan berbagai macam data. Karena itu, USB device sangat dibutuhkan.

Jika USB device bermasalah, di sini kami akan bagikan solusi sebagai cara tepat mengatasinya. Let’s check these out!

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized dengan Mudah

Cabut dan pasang USB kembali

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Cara mengatasi USB device not recognized yang pertama adalah dengan mencari sumber masalahnya. Karena sumber masalahnya adalah terdapat pada USB, oleh sebab itu coba Anda cabut USB kemudian pasang kembali.

Melalui cara ini PC atau laptop Anda akan secara otomatis terefresh sehingga PC atau laptop akan lebih ringan ketika Anda pakai. Anda juga harus memperhatikan bagaimana kondisi port USB yang terdapat pada laptop atau PC.

Mungkin saja port tersebut sudah longgar atau mengalami masalah sehingga sistem PC atau laptop Anda tidak dapat membaca USB ketika dimasukkan pada perangkat. Jadi cobalah untuk Anda mencocokkan posisi antara USB dan juga port USB yang ada.

Baca juga: Cara Tepat Memperbaiki HP Dicas Malah Berkurang

Hubungkan perangkat USB pada port yang berbeda

Penyebab dari masalah USB not recognized juga dapat dipicu oleh kondisi port USB yang sudah tidak cukup bagus atau sudah longgar. Karenanya guna memastikan apakah kerusakan terjadi pada perangkat USB atau justru kerusakan terjadi pada port USBnya, maka yang Anda bisa lakukan adalah menghubungkan perangkat pada USB atau ke port yang lain.

Secara umum sebuah perangkat laptop terbaru masa kini telah dibekali dengan dua buah port USB sehingga Anda bisa mencoba satu per satu. Anda bisa mencari port mana yang sekiranya sesuai dan bisa dimasuki oleh USB device yang Anda miliki.

Coba periksa kondisi USB Anda

Coba cek USB Anda masih bagus atau tidak. Sebagus apapun port USB Anda jika USB devicenya tidak dalam kondisi prima, maka kemungkinan USB akan tidak terbaca. Untuk mencari tahu apakah kondisi USB Anda bagus atau tidak yang bisa Anda lakukan adalah pasang USB yang berbeda pada port USB yang sama.

Jika USB yang berbeda pada port USB yang sama telah terpasang dan hasilnya memang terbaca, maka masalahnya ada pada USB Anda. Namun jika sebaliknya yaitu USB lain juga sama – sama tidak terbaca maka kesalahan atau kerusakan pada portnya.

Restart laptop atau PC Anda

Alternatif cara mengatasi USB device not recognized pada windows 8, windows 7 atau windows 10 adalah merestart laptop atau PC Anda. Cara ini merupakan salah satu cara umum sekaligus cara yang paling mudah dilakukan dan biasanya dilakukan oleh orang awam.

Walau simple, tak jarang banyak masalah tentang USB device not recognize teratasi melalui cara ini. Jadi setelah Anda mematikan laptop selama beberapa saat, nyalakan kembali laptop dan coba hubungkan kembali perangkat USB yang Anda punya. Lihat hasilnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Wifi Limited Access pada Laptop PC Paling Ampuh

Hapus instalasi driver perangkat USB

Tak hanya perangkat mouse atau keyboard saja, semua device eksternal yang sudah terhubung ke laptop atau PC tanpa kita sadari sebenarnya akan menginstall drivernya secara otomatis supaya dapat digunakan.

Kondisi yang semacam ini terjadi pada suatu perangkat USB baik itu flashdisk atau hardisk eskternal yang Anda miliki. Akan tetapi proses instalasi driver tidak semuanya berjalan sempurna dan hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab masalah USB not recognize kemudian muncul.

Oleh sebab itu sebelum menghubungkannya kembali, Anda bisa menghapus instalasi driver perangkat USB tersebut dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Pertama – tama buka device manager
  • Klik ikon collapse yang terdapat pada menu disk drive dan kemudian klik pada perangkat USB milik Anda
  • Setelah itu coba klik kanan pada perangkat USB milik Anda kemudian pilih menu uninstall driver
  • Selanjutnya tinggal Anda ikuti saja perintah yang diminta sampai prosesnya benar – benar selesai

Jika semua langkah di atas selesai Anda lakukan, cabut perangkat USB dari laptop. Tunggu selama beberapa saat kemudian cobalah untuk menghubungkan perangkat USB kembali.

Perbarui device driver perangkat

Jika upgrade masih belum Anda lakukan, driver pada perangkat USB secara otomatis tidak dapat dioperasikan secara maksimal. Oleh karena itu memperbarui atau mengupgradenya sangat perlu Anda lakukan. Tata cara perbaruan device driver perangkat sebagai berikut :

  • Pertama – tama klik start, kemudian cari atau ketik devmgmt.msc
  • Setelah itu masuk pada menu device manager dan kemudian klik universal bus
  • Cari menu unknown device
  • Terakhir, pilih update driver dan tunggu sampai prosesnya selesai

Mengupdate Windows

Cara mengatasi USB driver not recognized juga bisa dengan mengupdate Windows baik itu Windows 7, Windows 8 atau pun Windows 10. Cara ini sebenarnya memberikan pengaruh yang cukup besar dan signifikan terhadap performa suatu PC atau laptop.

Dalam melakukan update Windows caranya sebenarnya cukup mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama klik Settings
  • Kemudian pilih Update & Security
  • Klik check for updates

Baca juga: Cara Sharing Printer Windows 10 dan Seri Windows Sebelumnya 100% Berhasil

Matikan power management pada USB root hub

Jika Anda masih yakin bahwa port USB dalam kondisi baik dan tidak dalam kondisi rusak, mematikan power management pada USB root hub bisa Anda lakukan. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama klik start dan ketik device manager
  • Klik universal serial bus controllers
  • Pilih USB root hub
  • Pilih menu power management dan kemudian hapus tanda checklist pada bagian ‘allow computer to turn off this device to save power’
  • Langkah terakhir, langsung klik Ok pada bagian bawah

Jika pengaturan power management sudah selesai, Anda bisa langsung restart komputer. Setelahnya coba pasang kembali USB. Anda bisa cek apakah USB sudah tidak mengalami not recognized apa belum.

Jika memang sudah maka metode di atas berhasil akan tetapi jika belum maka bisa dipastikan bahwa Anda perlu membawa perangkat laptop atau PC atau pun USB ke teknisi dan Anda akan mendapat solusinya dari mereka. Dengan begitu masalah yang Anda alami baik PC yang bermasalah atau perangkat yang bermasalah nantinya juga akan teratasi.

Itulah beberapa metode dan cara mengatasi USB device not recognized yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan membantu mengatasi masalah Anda yang mengalami masalah USB not recognized. Selamat mencoba!

Bagikan:

Leave a Comment

19 − ten =