Cara Mendownload File yang Sudah Kadaluarsa di WhatsApp Terbaru

Tak jarang pengguna WhatsApp mengeluh karena adanya file yang ingin didownload namun sudah kadaluarsa atau ingin meminta ulang kepada pengirim namun filenya sudah terhapus. Namun tenang bagi Anda yang mengalami hal tersebut, karena sudah ada cara mendownload file yang sudah kadaluarsa di WhatsApp.

Cara mendownload file yang sudah kadaluarsa pun sangat mudah dan kali ini kami akan membahasnya khusus untuk Anda!

Baca juga: Cara Membuat 2 WhatsApp dalam 1 HP Paling Mudah

Cara Mendownload File yang Sudah Kadaluarsa di WhatsApp

Download Aplikasi File Manager

Cara pertama yang harus dilakukan pengguna adalah dengan download aplikasi File Manager terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store karena aplikasi ini tersedia secara gratis.

Jika Anda sudah mengunduhnya kemudian klik “Instal” agar aplikasi File Manager dapat terpasang di android. Apabila aplikasi ini sudah muncul pada layar ponsel Anda maka silahkan buka aplikasi tersebut.

Setelah membukanya akan muncul banyak pilihan menu yang harus dipilih dan pilihlah menu Database. Hal ini dikarenakan biasanya file WhatsApp yang sudah kadaluarsa berformat “crypt8”.

Sambungkan Android ke Komputer

Setelah cara di atas dilakukan, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan menyambungkan android ke komputer. Hal ini dilakukan agar proses download data kadaluarsa pada  WhatsApp berjalan lancar dan lebih mudah.

Untuk menyambungkannya, Anda bisa menggunakan kabel data kemudian masukan kabel data tersebut ke lubang USB yang terdapat di CPU.

Saat menyambungkan kabel data pastikan sambungan telah berhasil. Untuk mengetahui sambungan telah berhasil dapat ditandai dengan munculnya notifikasi android pada drive penyimpanan komputer. Perlu Anda ketahui bahwa saat sudah tersambung, jangan lakukan apapun terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Aplikasi Lewat WhatsApp Paling Mudah

Cara Mendownload File yang Sudah Kadaluarsa di WhatsApp dengan Masuk ke Situs Recover Messages

Cara Mendownload File yang Sudah Kadaluarsa di WhatsApp Terbaru

Langkah yang selanjutnya Anda diharuskan untuk masuk ke situs yang bernama Recover Messages. Situs satu ini dapat diakses melalui link whatsappdatarecovery.com. Anda hanya perlu untuk membuka buka situs kemudian pilih “Select SQLite File”.

Langkah berikutnya adalah pilihlah “fitur Back Up File” dengan Anda memilih opsi satu ini maka Anda bisa mendownload data yang telah kadaluarsa,namun masih tersimpan di databases. Jika sudah, maka klik “Scan” untuk memulai proses pengunduhan.

Lakukan Verifikasi Data

Perlu Anda ingat, bahwa sebelum melakukan proses pengunduhan, Anda diharuskan untuk  melakukan verifikasi data terlebih dahulu atau memeriksa data WA yang akan diunduh. Pada umumnya data akan muncul apabila proses scanning telah selesai sehingga Anda hanya perlu untuk melihat data yang ada untuk mengeceknya.

Apabila data yang muncul adalah data yang Anda inginkan, maka Anda bisa klik  fitur “Download” untuk segera mengunduhnya. Kemudian tunggu hingga proses download telah selesai. Apabila proses telah selesai maka masuk ke fitur Download yang terdapat di drive komputer.

Baca juga: Cara Merekam Panggilan WhatsApp di Android dan iPhone

Memeriksa Data WhatsApp Hasil Unduhan

Setelah Anda melalui beberapa proses diatas maka langkah yang terakhir adalah memeriksa data WhatsApp hasil unduhan untuk mengetahui apakah data masih bagus atau sudah rusak. Namun biasanya data akan dikembalikan secara normal seperti ketika baru dikirim pertama kali.

Namun jika data tetap tidak bisa diunduh kemungkinan terjadi kerusakan yang bisa jadi disebabkan data sudah terlalu lama atau karena format data tidak cocok dengan format yang ditentukan oleh situs. Dengan demikian Anda diharuskan untuk berhati – hati dengan data yang akan Anda unduh.

Itulah rangkaian cara mendownload file yang sudah kadaluarsa di WhatsApp dan bisa Anda terapkan step by stepnya yang dibagikan. Anda bisa terapkan step by step di atas untuk mengunduh file yang Anda butuhkan namun sudah kadaluarsa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.