Apakah Telegram Boros Kuota? Tips Supaya Lebih Hemat

Telegram merupakan aplikasi yang biasanya digunakan untuk mengirim beragam file penting seperti berkas, foto, video dan lain sebagainya. Biasanya pengiriman berkas penting ini ada dalam satu channel atau grup, hal inilah yang mengakibatkan Telegram banyak peminatnya. Namun apakah Telegram boros kuota?

Sebenarnya apapun aplikasinya yang tertandem di dalam sebuah ponsel, kalau dipakai terus menerus akan mengakibatkan kuota lama – lama habis, tak terkecuali Telegram. Agar tidak cepat habis berikut tips menghemat kuota!

Baca juga: Cara Download Video di Telegram Lalu Simpan ke Galeri HP

Apakah Telegram Boros Kuota? Berikut Penjelasan dan Cara Agar Dapat Menghemat Kuota yang Digunakan

Sama halnya dengan aplikasi sosial media lain yang dapat membuat orang – orang terhubung dan berkomunikasi secara virtual satu sama lain, Telegram juga bisa membuat kuota jadi lebih boros kalau digunakan terus menerus.

Apalagi kalau dipakai download film yang berseliweran di Telegram. Agar lebih hemat kuota, cara yang bisa dilakukan sebagai berikut :

Matikan Fitur Unduh Otomatis

Apakah Telegram Boros Kuota? Tips Supaya Lebih Hemat

Sebagaimana aplikasi chat lainnya, aplikasi Telegram juga menyajikan fitur download yang bisa dilakukan secara otomatis. Apabila Anda menghidupkan fitur ini maka semua file seperti berkas, foto, gambar bahkan video yang dibagikan oleh rekan Anda baik melalui chat personal, grup, hingga channel akan otomatis terunduh dan tersimpan.

Unduhan otomatis inilah yang mengakibatkan kuota Anda terserap. Apabila Anda tidak melakukan pengaturan pada aplikasi Telegram, maka aplikasi ini dapat mengunduh video secara otomatis hingga mencapai maksimal 2 GB kuota internet. Untuk mematikan fitur unduhan otomatis ini Anda bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

  • Pertama Anda harus login ke aplikasi Telegram terlebih dahulu.
  • Setelah login pada lama utama, klik ikon tiga garis yang terdapat pada pojok kiri atas.
  • Kemudian klik menu “Pengaturan” dan pilih opsi “Data dan Penyimpanan”.
  • Pada bagian opsi terdapat menu “Unduh media otomatis” dan matikan opsi “Saat menggunakan data seluler”.
  • Selain itu, Anda juga dapat mematikan opsi “Putar Otomatis Media”. Opsi satu ini terletak pada bawah opsi “Unduh media otomatis”. Jika sudah matikan opsi GIF dan video.

Dengan mengatur beberapa opsi sebagaimana diatas, aplikasi Telegram yang terdapat pada ponsel Anda tidak akan mengunduh berkas secara otomatis lagi. Dengan demikian Anda bisa menghemat kuota.

Baca juga: Cara Hapus Akun Telegram Untuk Selamanya Atau Sementara

Tidak Masuk Banyak Grup

Apakah Telegram Boros Kuota? Tips Supaya Lebih Hemat
image credit: telegram.org

Mematikan fitur unduh otomatis saja tidak cukup untuk menghemat kuota, namun Anda juga harus menghindari untuk masuk ke banyak grup atau channel di Telegram karena hal ini cukup memakan banyak kuota.

Alangkah baiknya jika Anda bergabung pada grup yang dirasa penting seperti grup kantor dan beberapa grup komunitas yang benar – benar penting lainnya. Apabila  Anda bergabung pada banyak grup, terlebih jika grup tersebut aktif maka chat yang masuk ke akun Anda semakin banyak sehingga membuat kuota internet Anda banyak terkuras.

Baca juga: Cara Mencari Stiker di Telegram yang Paling Lengkap dengan Mudah

Tidak Menonton Film di Telegram

Di era digital ini Anda tidak harus menonton film di Bioskop namun banyak aplikasi penyedia film yang bisa Anda tonton secara gratis. Salah satu aplikasi ini adalah Telegram.

Meski banyak tersedia channel Telegram yang membagikan file film, namun usahakan untuk tidak berlangganan karena menonton film secara online bisa menguras kuota internet Anda.

Apabila Anda ingin menonton film secara online dan ingin menghemat kuota, sebaiknya Anda menonton di platform streaming film atauYouTube dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan pada platform yang legal Anda bisa memilih kualitas videonya baik itu kualitas standar untuk menghemat kuota. Itulah pemaparan mengenai apakah telegram boros kuota. Mudah – mudahan adanya artikel kali ini dapat memberikan manfaat kepada Anda yang sering mengalami kehabisan kuota karena Telegram.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.