Cara Mudah Membuka Task Manager di Mac OS

Bagi yang baru hijrah dari pemakaian dekstop atau laptop Windows ke sistem operasi Mac OS, biasanya mereka kebingungan dengan cara membuka task manager di Mac OS. Jika pada Windows kita terbiasa untuk menutup secara paksa jika ada aplikasi yang stuck dengan menggunakan Task Manager. Dengan mudahnya kita menekan tiga tombol yang sama-sama kita hapal yakni ControlAltDelete (Ctrl+Alt+Del) lalu munculah aplikasi Task Manager untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Namun pada Mac OS, terdapat sedikit perbedaan dengan Windows. Kamu dapat memaksa suatu aplikasi agar berhenti dengan memunculkan aplikasi Force Quit atau Activity Monitor.

Baca juga: Cara Mengatasi MacBook Tidak Bisa Dicas dengan Mudah

Cara Membuka Task Manager di Mac OS dengan Aplikasi Force Quit

Untuk menghentikan aplikasi yang hang dan tidak bisa ditutup, cara yang paling mudah adalah dengan membuka aplikasi Force Quit yang dapat kamu luncurkan seperti langkah berikut :

  1. Pada keyboard Mac kamu, tekan ketiga tombol Command + Option + Esc.
  2. Setelah aplikasi Force Quit muncul, kamu dapat melihat daftar aplikasi apa yang sedang berjalan.
  3. Pilih aplikasi yang hendak kamu tutup secara paksa.
  4. Pada dialog berikutnya, klik Force Quit untuk menghentikan proses dari aplikasi terpilih yang sedang berjalan.

Aplikasi Force Quit memang tidak sedetail Task Manager yang biasa ditemui pada Windows, namun dengan aplikasi ini cukup membantu jika tujuanmu memang ditujukan untuk menutup aplikasi yang macet.

Baca juga: Cara Unlock iPhone tanpa Password atau Passcode dengan Aplikasi ini

Cara Membuka Task Manager di Mac OS dengan Activity Monitor

Membuka Task Manager di Mac OS

Jika sebelumnya pada aplikasi Force Quit, kamu tidak mendapat rincian dari aplikasi yang sedang berjalan, maka kamu bisa mencoba Activity Monitor yang sangat mirip dengan Task Manager pada Windows.

Ada dua cara untuk membuka aplikasi Activity Monitor yaitu dengan menggunakan fitur Spotlight dan Finder yang sudah tersedia pada masing-masing pengguna Mac OS.

Activity Monitor dengan Spotlight

Bagi teman-teman yang belum familiar dengan fitur Spotlight, pandangan awamnya Spotlight adalah semacam fitur Search Bar yang dimiliki oleh Mac OS yang hasil pencariannya bisa muncul hampir instan.

Untuk memunculkan Activity Monitor dengan Spotlight, ikuti 2 langkah sederhana ini:

  1. Pada keyboard Mac kamu, tekan tombol kombinasi Spasi + Command untuk membuka fitur Spotlight.
  2. Di kotak pencarian, ketikkan Activity Monitor lalu klik tombol Enter.

Activity Monitor dengan Finder

  1. Klik ikon Finder yang ada pada dock dibawah layar Mac anda untuk membuka Finder.
  2. Klik Applications yang berada pada sisi sebelah kiri jendela Finder lalu akan muncul daftar aplikasi yang terpasang pada Mac kamu.
  3. Klik dua kali pada folder Utilities
  4. Selanjutnya, klik dua kali pada pilihan Activity Monitor.

Pada Activity Monitor, kamu dapat melihat aplikasi yang sedang berjalan dengan secara terperinci. Untuk memberhentikan secara paksa, pilih aplikasi yang diinginkan lalu klik tombol X untuk menutupnya. Jika pop up konfirmasi berikutnya muncul, kamu pilih Force Quit.

Demikian tutorial cara mudah membuka Task Manager di Mac OS. Kamu bisa menggunakan kedua cara tersebut yakni Aplikasi Force Quit dan Activity Monitor. Pada kesimpulannya, jika teman-teman tidak hanya menginginkan untuk menutup secara paksa tapi juga ingin mendapatkan rincian detail sebuah aplikasi maka teman-teman dapat menggunakan Activity Monitor.

Semoga membantu dan terima kasih.

Baca juga: Cara Mengatasi Wifi Limited Access pada Laptop PC Paling Ampuh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.